Sabtu, 06 September 2008

al-Qur'an tidak Relevan dengan Zaman Sekarang...?

Meluruskan Pemahaman Panitia & Instruktur TAMU (Ta’aruf Mahasiswa Baru) STAIN Samarinda
Tulisan ku persembahkan untuk MABA (Mahasiswa Baru), Pemuda Dambaan Umat Islam Kader “MUSLIM NEGARAWAN“
“Al-Qur’an Tidak Relevan dengan Perkembangan Zaman Sekarang..?“

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatu
(Aku minta maaf krn tdk menggunakan salam Selamat pagi, Siang, Sore, Subuh, Maghrib dsb krn ga bernilai Ibadah, dan krn agama yg ku anut memerintahkan aku untuk menggunakan salam diatas, trus ada pahalanya dari pada aku menggunakan salam orang2 non-Muslim)

Ini adl tulisan bagian pertama, krn banyak sekali kesalahpahaman yg disampaikan oleh Panitia dan Instruktur TAMU kepada MABA, shg membuat MABA menjadi bingung ”Ada apa dg STAIN?”. Bagian selanjutnya akan ku brikan kpd kalian dikmudian hari. Permasalahan pertama adl ”Al-Qur’an tdk Relevan (sesuai) dgn perkembangan Zaman Sekarang”.
Ada seorang maba yg dtng kpd ku, kmudian bertanya ”Apakah menurut K2 Al-Qur’an tidak relevan lagi?” lalu aku bertanya ”kata siapa..?”, kata Instruktur Ospek (kata Maba). Ooh... coba besok kamu bilang ama panitia ”Buat 1 ayat yg bisa menggantikan ayat Qur’an yg tidak relevan itu?” (Silahkan buka QS. Al-Baqarah/2: 23-24).
Diinternet, aku melihat beberapa dialog ttg ”Al-qur’an” yg katanya tdk relevan lagi. Mereka mengatakan ada banyak surah dlm qur’an yg tdk relevan, misalkan QS. Ali-Imran/3; 85 yg artinya ”barang siapa yg mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah diterima agama itu dari padanya, dan dia diakhirat termasuk orang2 yg merugi”. Mereka membarikan contoh kasus ”Thomas Alva Edision” tokoh yg menemukan lampu dan Listrik. Sudah selayaknya Thomas masuk syurga kadena Shodaqoh Zariyahnya, berkat jasanya seluruh umat manusia menikmati cahaya terang dikegelapan malam dan masjid2 bisa mengumandangkan Adzan tanpa harus naik ke gunung. Klo Thomas masuk Neraka, maka Allah tidak adil. (bgtu kata mereka).
Menurutku, orang2 yg mengatakan qur’an tidak relevan lagi adl orang yg malas membaca dan memahami isi kandungan al-Qur’an sehingga ketika mereka melihat satu ayat yg menurut mereka sudah tidak pantas langsung memvonis ”al-Qur’an tdk relevan” tanpa melihat keterkaitan ayat yg satu dgn ayat yg lain. Dan mereka terpengaruh oleh pemikiran Barat yg penuh dgn Nafsu untuk menghancurkan Islam.
(Tanggapanku)... Allah swt, telah menggolongkan orang2 muslim dan kafir kedalam beberapa golongan. Untuk orang muslim ada tingkatannya, yaitu Munafik, Muslim, Mu’min dan Muttaqin. Golongan kristen dan yahudi pun ada golongannya, yaitu Yahudi yg memusuhi Islam, dgn kristen_yakni mereka yg menjalin ikatan kasih sayang bersama orang2 muslim. Islam tidak melihat kristen dlm satu kelompok saja, akan tetapi membedakan orang kristen kedalam beberapa golongan, diantaranya; orang kristen yg beriman kepada ke-Esaan Allah, melaksanakan syari’at Nabi Isa as, yg ketika mendengatkan kalam Tuhan berlinangan air matanya, dg orang kristen yg menyembah al-Masih, ibunya, para pendeta dan pastur. Allah membedakan label kafir, bahkan syirik kepada kelompok kedua dari kaum kristen tersebut. Sehingga kita dapat melihat bahwa ada tiga golongan orang kafir, yaitu
1.Golongan yg blm pernah mendengar nama Allah, Islam, Muhamad sama sekali, sehingga mereka termasuk orang2 yg termaafkan. Misalkan, ada masyarakat yg tinggal di pedalaman yg tidak ada akses Informasi dan tidk ada orang muslim yg berdakwah disana sehigga mereka tidak pernah mengenal Islam, maka mereka termaafkan.”dan Kami tidak akan meng'azab sebelum Kami mengutus seorang rasul”.(al-Israa’: 15). Apakah masih ada daerah yg belum terjamah Informasi atau belum pernah terjamah para Penda’wah Islam? Mugkin aja ada (mis: pedalaman Amazon yg masih Primitif, atau pedalaman Jambi ”Anak Rimba”)
2.Golongan yg pernah mengenal Allah, Islam, dan Muhammad serta mu’jizat2nya. Mereka berbaur dan bertetangga bersama orang muslim, mereka ini adl orang Atheis dan Kafir. Dapat juga kita artikan, mereka (Kafir) yg bertetangga dengan orang Islam, dan mereka mengenal Islam.
3.Golongan yg tlah mengenal Muhammad, akan tetapi sejak kecil mereka hanya mendengar bahwa Muhammad adl seorang Pembohong besar bernama Muqoffa (majusi yg memeluk Islam) yg mengaku telah membawa risalah kenabian. Golongan ini sama saja dgn golongan pertama, yaitu mereka tidak mengenal Islam, hanya saja mereka mendengar cerita masa kecil mereka dari para pendeta. ”Sesungguhnya jika tidak berhenti orang-orang munafik, orang- orang yang berpenyakit dalam hatinya dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di Madinah (dari menyakitimu), niscaya Kami perintahkan kamu (untuk memerangi) mereka, kemudian mereka tidak menjadi tetanggamu (di Madinah) melainkan dalam waktu yang sebentar” (al-Ahzab: 60). Atau mereka yg sudah pernah mengenal Islam, akan tetapi belum merasa jelas dan paham yg mereka dengar.
Dari pemaparan diatas, kita harus tahu Biografi Thomas Alva Edision, apakah Thomas pernah mengenal Islam dg benar, atau ia pernah mendengar Islam dg jelas, akan tetapi ia tetap mendustakan Allah. Jika Thomas tidak pernah mendengar Islam atau pernah mendengar tapi hanya berita bohong yg disampaikan para pendeta, maka ia termasuk Golongan yg termaafkan dan jauh dari azab Allah swt. Jika ia termasuk Golongan kedua yg pernah mengenal Islam akan tetapi ia mendustakan, maka ia termasuk kedalam golongan yg tak termaafkan. Lalu, apakan amalnya sia-sia? Tidak... Allah swt Maha Adil dan Bijaksana, dan menerima semua ‘amal mbah Thomas; “Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menenerima pahala) nya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa.” (Ali-Imran; 115).
Akan tetapi, kadar pahala adl hak asasi Allah swt. Seperti artis, apabila foto mereka dipajang pada sebuah produk, maka sang artis mendapat Royality dari produsen Iklan dan perusahaan. Allah swt pun telah memberikan Royality di dunia kpd Thomas, krn karyanya dibeli oleh Negara-negara dgn harga yg besar, maka rizki yg ia dptkan adl semata-mata dari Allah swt.
Apakah Thomas masuk Syurga? Penulis tidak mengetahui jawabannya, tetapi kalo boleh berpendapat, maka aku akan mengatakan bahwa Syurga adl harta warisan dari Allah untuk orang2 yg beriman kepada Allah swt saja. Ibarat seorang kaya yg tua, ia memiliki anak 3 kandung yg durhaka dan 1 anak angkat yg berbakti. Ketika orang tua itu wafat, maka harta warisan akan jatuh ketangan 3 anak kandungnya meski mereka durhaka, sedangkan sang anak angkat akan mendapat Hadiah, bukan warisan, karena ia tidak termasuk keluarta inti dalam keluarga itu. Seperti Thomas yg mendapatkan Royality sebagai hadiah Allah krn amalnya di Dunia.
Bagaimana dengan kaum kafir dan ahli kitab yang ada sekarang? Aku dapat mengatakan bahwa mereka termasuk golongan ke 2, krn teknologi Informasi kian canggih dan para da’I menyebar dimana-mana, jadi mereka telah banyak mengenal Islam. Maka Qur’an Surah Ali-Imran; 85 ”barang siapa yg mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah diterima agama itu dari padanya, dan dia diakhirat termasuk orang2 yg merugi”, dalam hal ini diberlakukan, dan mereka termasuk kedalam orang2 yg merugi. Kaum muslimin aja bisa rugi jika orang Islam menjalankan Ibadah puasa, akan tetapi ia tetapi matax masih jelalatan, mulut masih menggosip, hati masih berburuk sangka, dan anggota tubuh mereka tidak menahan dari hawa nafsu, maka Puasanya tidak bernilai, kecuali lapar dahaga, dan merugilah orang2 sperti ini. (jd orang muslim aja bisa rugi, apalagi orang kafir)
Jadi… dapat kita simpulkan bahwa;
1.al-Qur’an masih dan akan tetap relevan walau zaman berganti
2.Kita harus mengImani al-Qur’an tanpa ada keraguan (Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa {Al-Baqarah/2; 2})
3.al-Qur’an adl perkataan Allah swt, bukan perkataan manusia, jika ada kitab suci yang dikarang manusia (Bibel/Injil, Biblia dsb) maka ia tak layak disahkan sebagai kitab suci.
4.al-Qur’an telah mendapat jaminan dari Allah swt, akan tetap seperti itu da tidak akan berubah hingga akhir zaman (Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya {Al-Hijr/15; 9}). Tahun 1993 Amerika pernah menyumbang al-Qur’an yg mereka cetak menggunakan teknologi buatan mereka, akan tetapi orang2 yg beriman mengetahui bahwa banyak ayat2 al-Qur’an yg mereka ubah dengan akal mereka, sehingga usaha busuk mereka digagalkan oleh Allah melalui orang2 yg Beriman yg menghafal al-Qur’an.
5.Kepada mereka yg meragunak isi al-Qur’an atau mengatakan tidak relevan lagi, maka Allah swt, menantang mereka dan para pemikir barat yang mereka jadikan pedonam untuk membuat 1 kalimat yang menyerupai al-Qur’an dan bersiap2 masuk neraka bersama orang2 kafir (Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) - dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir {al-Baqarah/2; 23-24})
6.Meragukan kebenaran al-Qur’an, maka ia tidak layak dikatakan muslim, apalagi mukmin dan muttaqin, akan tetapi munafik. Bahkan kafir, karena syarat seorang muslim adl beriman kepada semua Rukun Iman tanpa meragukan 1 diantaranya sedikitpun.
7.Allah swt, Maha Adil. meski Thomas Alpha Edision adl orang non-Muslim, akan tetapi Ilmu yang dimiliki oleh Thomas Alpha Edision adl anugerah terbesar dari Allah swt, Rizqi yg tdk ternilai. dan kita harus menyakini, apapun yg dimiliki oleh manusia, baik ia muslim ataupun kafir adl dari dan milik Allah swt. akan tetapi manusia mengingkarinya.
Bacalah, pahami, amalkan al-Qur'an, krn ia akan menjadi Pemuda nan Gagah yg akn menolong kita dari 'azab Allah swt.
Semoga bermanfaat…kebenaran datangnya dari Allah, kesalahan datangnya dari aku pribadi yg tak luput dari kesalahan dan lupa. mohon maaf atas sgala kekurangan.
wssalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu
Musyda Hadaitullah
Mahasiswa STAIN Smd 03
Sy/Muamalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

siahkan berikan komentar anda untuk kesempurnaan diri dan keseluruhan penulis. silahkan jika ada pertanyaan dan permasalahan yang ingin ditanyakan.